Subscribe News Feed Subscribe Comments

Lakune Ilmu Kudu ketemu

Lakune Ilmu Kudu ketemu
Adalah istilah jawa yang kalau di translate ke bahasa indonesia kurang lebih artinya "Jalannya ilmu harus ketemu", maksudnya kemanapun ilmu itu harus kita kejar supaya kita mendapatkannya. Jadi ilmu itu harus kita kejar walaupun jauh tempatnya. Sebab dengan ilmu semua akan mudah. Pekerjaan yang tidak dilandasi oleh ilmu maka hasilnya akan berantakan, tidak tersusun secara rapi. Lalu apa kehebatan ilmu...?
"Ilmu Itu Dapat Menjaga Pemiliknya, Sedangkan Harta hanya minta dijaga pemiliknya" Begitulah kata pepatah. kenapa ilmu disebut bisa menjaga pemiliknya. Misalnya kita memiliki ilmu berenang, saat kita naik kapal ditengah laut dan tiba-tiba kapal yang kita tumpangi tenggelam, lalu samakah orang yang punya ilmu berenang dengan yang tidak..? Pastinya tidak sama, orang yang punya ilmu berenang InsyaAlloh dapat selamat dengan ilmu yang dimilikinya, sedangkan orang yang tidak punya ilmu berenang pasti akan kesulitan, meskipun akhirnya selamat. Wallohu'alam kalau masalah kematian memang sudah ditangan Alloh. Tapi paling tidak ilmu renang dapat menjaga seorang yang memilikinya disaat dibutuhkan.
Berbeda dengan harta yang hanya minta dijaga pemiliknya, coba kita kalau punya motor pasti motor kita akan selalu kita jaga. Misalnya motor kita mau dicuri orang, pasti kita akan melawan bukan..? dan setelah diambil orang maka benda pasti akan hilang. Berbeda dengan ilmu yang meskipun diambil sana sini oleh orang banyak, insyaAlloh kita masih memilikinya, malahan ilmu itu bisa bermanfaat kalau kita amalkan kepada orang lain. Dan malah akan bertambah.
Jadi pesan Rasulullah SAW. "Carilah Ilmu Walau Sampai Negeri Cina" itu harus kita lakukan. sama seperti halnya dengan "Lakune Ilmu Kudu ketemu".



2 komentar:

SH Terate Pandu mengatakan...

Tepat sekali Mas... Dalam hal apapun, ilmu tidak akan didapat hanya dengan mengkhayal. Ilmu beladiri SH Terate pun harus dengan laku. Tinemune ilmu soko laku.

Anonim mengatakan...

Hi there, I enjoy reading all of your article. I wanted to write a little comment to support you.



Look into my site ... http://2amlx.com/Alternatives%20Energy%20Resources%20and%20Saving%20Electricity.html

Posting Komentar

 
Lakune Ilmu Kudu Ketemu | TNB